Monday, July 17, 2017

Cara Flash Oppo Neo 3 (R831K) Bootloop Via SP Flashtool

Kali ini cara-flash.com akan bagikan Cara Flash Oppo Neo 3 R831K Bootloop dengan menggunakan tool flasher SP Flashtool terbaru dengan bantuan perangkat komputer / laptop.

Tujuan utama flashing Oppo Neo 3 R831K selain untuk memperbaiki smartphone bootloop, stuck logo / hang logo, Oppo Neo 3 R831K sering restart / mati sendiri, kinerja Oppo Neo 3 R831K lambat akibat memory internal atau ram penuh dan mungkin Oppo Neo 3 R831K terkena virus malware seperti virus Test Monkey, Time Services, Engriks, Cyber.Police, Plankton dan virus - virus lainnya yang biasa menjangkit pada system android.

Sebelum mengikuti tutorial flashing Oppo Neo 3 R831K pastikan smartphone anda sudah di coba perbaiki dengan cara hard reset Oppo Neo 3 R831K melalui recovery mode, bila metode hard reset via menu recovery tetep mengalami hang logo atau tetap bootloop anda boleh mencoba tutorial flashing Oppo Neo 3 R831K yang akan saya bahas nanti.

Jika melanjutkan untuk flashing persiapan terlebih dahulu file - file yang akan kita gunakan nanti antara lain software flashtool Oppo Neo 3 R831K adalah SP Flashtool, USB Driver Untuk Oppo Neo 3 R831K, Dan Stock Rom atau Firmware Oppo Neo 3 R831K.

Bahan Flashing Oppo Neo 3 R831K


  1. Download SP Flashtool v5.1516.00
  2. Download MT65xx USB Driver & USB Vcom Auto Installer
  3. Download Firmware Oppo Neo 3 R831K

Cara Flashing Oppo Neo 3 R831K

Note: Pastikan daya baterai persentasenya lebih dari 50%  jika ingin melakukan flashing. Untuk meminimalisir kegagalan flashing karena kehabisan daya baterai.

Langkah 1: Download dan extract file diatas.

Langkah 2: Kemudian Install MT65xx USB Driver & USB Vcom Auto Installer

Langkah 3: Pada folder SP_Flashtool buka file flash_tool.exe.

Langkah 4: Bila software SP flashtool sudah terbuka, klik pada tab download lalu pada Scatter Loading file, telusuri file scatter yang terdapat pada Folder Stock rom / Firmware.

Langkah 5: Kemudian bagian Preloader jangan di centang (Bila Bootloop), Jika smartphone hanya getar saja silahkan dicentang.

Langkah 6: Lalu klik "Download" pada SP flashtool

Langkah 7: Off kan ponsel anda, lalu lepas baterai nya ( bila baterai tanam tidak perlu dilepas).

Langkah 8: Kemudian Tekan dan Tahan Tombol Vol Up Atau Tombol Vol Down,(Pilih salah satu) lalu sambungkan smartphone ke komputer dengan menggunakan kabel data.

Langkah 9: Biarkan sebentar agar komputer membaca driver smartphone anda, untuk lebih jelasnya lihat di Device Manager pada komputer anda.

Langkah 10: Bila driver sudah terbaca sempurna, maka proses flashing akan berjalan otomatis dengan tanpa sp flashtool muncul loading dengan warna MERAH, UNGU, dan KUNING secara bergantian.

Langkah 11:Jika proses flashing telah selesai maka akan keluar dialog lingkaran hijau.

Langkah 12:Silahkan cabut usb dan pasang baterai anda dan lalu nyalakan.

Langkah 13:Pada saat boot pertama setelah proses flash agak lama, jadi tunggu saja sampai masuk ke homescreen.


Jika belum mengerti tutorial singkat diatas bisa simak artikel kami sebelumnya tentang "Cara Flash Android Menggunakan SP Flashtool" lengkap dengan gambar petunjuk. Semoga bermanfaat dan bisa membantu memperbaiki kerusakan smartphone anda.